Disbudpar Kalteng Siap Tindaklanjuti Arahan Presiden Terkait Peluang di Tengah Wabah Corona

  • Oleh Testi Priscilla
  • 26 Februari 2020 - 08:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata atau Disbudpar Provinsi Kalimantan Tengah, Guntur Talajan menyatakan siap untuk menindaklanjuti arahan Presiden Indonesia, Joko Widodo terkait peluang di tengah wabah corona.

"Pak Presiden mengharapkan industri pariwisata bisa mengambil peluang di tengah wabah korona ini dan kita siap menindaklanjuti arahan ini," kata Guntur, Rabu, 26 Februari 2020.

Presiden Joko Widodo membahas tindak lanjut terhadap sejumlah langkah kebijakan yang telah diputuskan untuk menghadapi dampak virus corona terhadap perekonomian nasional. Pembahasan bersama dengan jajaran terkait digelar di Kantor Presiden, Jakarta.

Dalam pembahasannya, pemerintah akan memutuskan langkah-langkah lanjutan dari kebijakan fiskal yang akan ditempuh untuk mendorong ekonomi, baik dari sisi konsumsi maupun investasi.

"Kita akan memutuskan langkah-langkah kebijakan fiskal dalam mendorong ekonomi kita baik dari sisi konsumsi, investasi, dan dalam meningkatkan kembali sektor pariwisata terutama di Bali, Sulawesi Utara, dan Kepulauan Riau di mana daerah-daerah destinasi wisata inilah yang banyak dikunjungi turis-turis dari RRT," kata Presiden Jokowi.

Penyebaran virus corona secara global memang turut memengaruhi banyak negara. Bagi Indonesia, salah satu sektor yang kini cukup terimbas oleh adanya wabah tersebut ialah sektor pariwisata yang belakangan menjadi perhatian khusus.

"Kita tahu, sektor pariwisata kita sekarang menghadapi tekanan akibat penurunan kunjungan wisatawan," imbuhnya.

Terkait hal tersebut, Presiden menginstruksikan agar industri pariwisata dalam negeri memaksimalkan dan menumbuhkan potensi wisata MICE atau Meetings, Incentives, Conferences and Exhibitions yang dimiliki. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru