Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pesisir Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

5 Ancaman Bencana ini Rentan Terjadi di Pulang Pisau

  • Oleh Muhammad Badarudin
  • 26 Februari 2020 - 11:40 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Kabupaten Pulang Pisau telah menerima dokumen kajian risiko bencana dari pemerintah pusat. Dalam dokumen itu, ada 5 ancaman bencana yang rentan terjadi di daerah ini.

Pertama yaitu bencana kekeringan, kebakaran hutan dan lahan, banjir genangan, gelombang ekstrim, dan abrasi. Serta yang terakhir adalah cuaca ekstrem. 

Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo mengatakan, ancaman perubahan iklim ini merupakan sesuatu yang tak bisa dihindari. Intensitas dan kompleksitas bencana diera modern ini bisa sampai menimbulkan korban jiwa. 

"Bahkan, akibat bencana ini dapat merusak lingkungan dan kerugian yang besar serta sangat mengganggu aktivitas dan produktivitas, baik terhadap keberlangsungan dunia usaha maupun kehidupan masyarakat," kata Edy Pratowo, Rabu, 26 Februari 2020. 

Sebab itu, lanjut bupati, penanggulangan terhadap ancaman bencana ini sangat diperlukan. Sehingga bencana ini menjadi urusan bersama sesuai peranan dan tanggungjawab.

"Jadi pencegahan dan kesiapsiagaan diawal sebelum terjadinya bencana ini sangat penting. Supaya dampak negatif yang ditimbulkan akibat bencana ini bisa ditekan atau diminimalisasi," harap bupati. 

Edy mengingatkan, agar beberapa hal yang disampaikan dirinya tersebut bisa menjadi perhatian terhadap semua pihak. Termasuk masing-masing SOPD agar terlibat aktif dalam pencegahan dan menetapkan langkah-langkah terpadu terkait dalam penanggulangan bencana. (M.BADARUDIN/B-11)

Berita Terbaru