Aplikasi Pilkada Berbasis Web & Mobile Apps

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BMKG: Curah Hujan di Kotawaringin Barat Tergolong Normal

  • Oleh Wahyu Krida
  • 26 Februari 2020 - 12:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Iskandar Kelas III Kotawaringin Barat (Kobar) menyatakan, curah hujan di daerah ini dan sekitarnya masih tergolong normal, yakni 241 mm.

"Tahun ini kondisi hujan tergolong normal. Namun waktunya mengalami kemunduran, lantaran awal musim hujannya juga mundur. Dari yang biasa terjadi pada pertengahan September, namun kemarin mulai masuk musim hujan sekitar Oktober 2019," kata Kepala BMKG Kelas III Kobar Slamet Riyadi, Rabu, 26 Februari 2020.

Menurut Slamet, kondisi tersebut mempengaruhi tinggi rendah curah hujan pada beberapa bulan berikutnya.

"Seperti yang terjadi pada beberapa tahun sebeluknya, biasanya curah hujan pada bulan Februari lebih sedikit. Namun akibat mundurnya waktu masuk musim hujan, menyebabkan bulan ini curah hujan cukup banyak," jelasnya.

Slamet menjelaskan, prediksi masuknya musim kemarau pada tahun 2020 ini masih diteliti dan dirapatkan.

"Walau demikian, sementara kita prediksi musim kemarau masuk pada awal bulan Juni 2020. Sedangkan lama atau tidaknya musim kemarau, tiap tahun terjadi perbedaan. Tergantung hal yang mempengaruhinya, apakah ada kondisi el nino atau normal," jelas Slamet. (WAHYU KRIDA/B-11)

Berita Terbaru