Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Modal Menjadi Kendala Berkembangnya UMKM di Kotawaringin Timur

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 26 Februari 2020 - 15:01 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Modal ternyata masih menjadi kendala utama oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) untuk mengembangkan usaha mereka. 

"Modal masih menjadi kendala utama bagi pelaku UMKM di Kotim untuk mengembangkan usaha mereka," ujar Generator Aliansi Penggerak Industri (API) UMKM Kotim Ahmad Sofyan, Rabu, 26 Februari 2020. 

Selama ini cukup banyak masyarakat yang bergerak pada kegiatan UMKM di Kotim. Bahkan sudah mencapai sekitar 350 pelaku UMKM.

Namun kendala yang dihadapi adalah modal, dan diharapkan hal tersebut menjadi perhatian pemerintah daerah. 

Sementara itu Sekda Kotim Halikinnor mengungkapkan, pihaknya terus berupaya untuk membantu para pelaku UMKM di daerah ini. Sedangkan terkait dengan permodalan, dunia perbankan dan juga penggadaian sudah sangat terbuka membantu untuk pinjaman. 

"Yang terpenting adalah persyaratannya, karena pihak perbankan atau penggadaian akan lebih selektif dalam membantu permodalan," katanya. 

Dia juga berharap kepada peminjam modal agar membayar sesuai jatuh tempo yang diberikan. Jangan sampai nunggak atau bahkan tidak dibayar. Karena hal itu akan merugikan diri sendiri, dan tidak akan bisa meminjam uang lagi. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru