Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Utara Ajak Masyarakat Sukseskan Sensus Penduduk 2020

  • Oleh Ramadani
  • 26 Februari 2020 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Bupati Barito Utara H Nadalsyah meminta untuk berpartisipasi dalam rangka menyukseskan sensus penduduk tahun 2020.

Untuk itu, Nadalsyah meminta masyarakat dan para Aparatur Sipil Negara (ASN) mengisi sensus secara online.

"Saya himbau kepada seluruh masyarakat khususnya para ASN yang di tempatnya memiliki jaringan internet agar segera melakukan pengisian sensus secara online," harap Nadalsyah, Rabu 26 Februari 2020 usai pertemuan dengan pejabat Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Barito Utara di ruang bupati.

Dikatakannya, pelaksanaan sensus penduduk tahun 2020 secara online ini telah dimulai sejak 15 Februari dan berakhir pada 31 Maret 2020.

Untuk sendus penduduk secara online ini, kata dia, dapat dilakukan dengan mengisi sensus secara mandiri melalui portal BPS di alamat www.sensus.bps.go.id.

Sebelumnya, dalam pertemuan dengan pejabat BPS Kabupaten Barito Utara, Bupati, Wakil Bupati dan Sekda juga melakukan pengisian sensus penduduk dengan diarahkan oleh pihak BPS.

Menurut Nadalsyah, sensus penduduk ini sangat mudah yakni hanya dengan menyiapkan data-data seperti NIK, KK dan Surat Nikah. “Waktu yang diperlukan relatif tidak begitu lama, hanya memakan waktu kurang lebih 5 menit,” ungkapnya.

Disampaikan Nadalsyah, berdasarkan data dari BPS Barito Utara, bahwa hingga saat ini, Rabu 26 Februari 2020 jumlah penduduk Barito Utara yang telah melakukan pengisian sensus online hanya berkisar tujuh persen.

Nadalsyah memahami permasalahan rendahnya tingkat partisipasi dari masyarakat, dimana wilayah Kabupaten Barito Utara sebagian masih terdapat wilayah yang termasuk dalam kategori blank spot sinyal telekomunikasi.

Bupati meminta secara khusus kepada para ASN yang berdomisili di kota Muara Teweh agar melakukan pengisian Sensus Penduduk secara online.

Berita Terbaru