Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lampung Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian Barito Timur akan Kembangkan Sengon di Kecamatan Paju Epat

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 26 Februari 2020 - 16:56 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur akan mengembangkan tanaman kayu sengon seluas 150 hektare di Kecamatan Paju Epat.

Rencana yang akan dimulai tahun ini disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Barito Timur Riza Rahamadi ketika melakukan pertemuan dengan Camata Paju Epat dan Kepala Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Paju Epat, Rabu, 26 Februari 2020.

"Kita coba mengembangkan tanaman sengon untuk mengatasi kondisi tanah yang kurang subur di Kecamatan Paju Epat," kata Riza di Kantor BPP Paju Epat.

Menurutnya, tanah berpasir merupakan jenis tanah yang gembur dan mudah dilalui oleh air. Hal inilah yang menyebabkan tanah berpasir tidak begitu subur sehingga kurang cocok untuk tanaman pertanian yang lain.

Lanjutnya, tanah jenis ini kurang dapat menahan air sehingga dapat menyebabkan tanaman kekurangan air dan menjadi layu. Kandungan unsur hara pada tanah pasir juga sangat terbatas.

Pohon sengon menjadi salah satu primadona perkayuan. Selain harga, masa panen sengon relatif cepat dengan proses budidaya terbilang mudah sehingga dapat menggantikan jenis kayu lain yang lebih lama masa usia panennya.

Kayu sengon bisa menjadi bahan baku untuk konstruksi ringan, kerajinan tangan, kayu lapis, korek api, kertas hingga alat musik karena memiliki keunggulan dibanding kayu lain yaitu tidak bengkok, tidak berbekas cabang, tidak mudah lapuk, tidak mudah busuk, dan juga tidak mudah pecah.

"Kayu sengon bisa dimanfaatkan setelah usia lima tahun, tapi kalau untuk bahan bubur kertas usia tiga tahun sudah bisa dipanen," pungkasnya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru