Tim BKSDA Pasang Perangkap Buaya di Pulang Pisau

  • Oleh Muhammad Badarudin
  • 26 Februari 2020 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kabupaten Pulang Pisau memasang perangkap buaya di Sungai Malang Desa Mantaren II Kecamatan Kahayan Hilir Kabupaten Pulang Pisau. 

Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Palangka Raya BKSDA Kalimantan Tengah, Junaedy Slamet Wibowo mengatakan, ada dua perangkap buaya yang dipasang oleh pihaknya. Dua perangkap ini dipasang di lokasi dimana warga sering melihat kemunculan buaya. 

"Perangkapnya itu kami gunakan tali baja. Jadi nanti yang kemungkinan tersangkut itu rahang atasnya. Jadi buaya tidak akan tersakiti," kata Junaedy, Rabu, 26 Febuari 2020. 

Lanjut dia, untuk umpan yang digunakan yaitu ayam yang sudah mati. Target pihaknya, buaya yang tertangkap ini adalah buaya yang cukup besar seperti yang beredar dalam video. 

"Inikan jenis buaya muara. Mudahan saja bisa secepatnya tertangkap. Karena informasinya ada lebih dari lima buaya," beber dia. 

Junaedy meminta kepada masyarakat setempat agar memantau perangkap yang sudah dipasang oleh pihaknya. Sebab, ketika buaya itu terjerat dan dibiarkan terlalu lama, maka buaya itu bisa lepas. 

"Jadi kalau buayanya terjerat segera telpon kami. Biar kami meluncur untuk melakukan penangkapan," tandasnya. (M.BADARUDIN/B-5)

Berita Terbaru