Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Jambi Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anak Buaya Tangkapan Warga Pulang Pisau Diserahkan ke BKSDA Kalimantan Tengah

  • Oleh Muhammad Badarudin
  • 26 Februari 2020 - 19:01 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Seekor anak buaya dengan ukuran sekitar 60 centimeter hasil tangkapan warga Pulang Pisau diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah. Penyerahan anak buaya berwarna kuning kehitaman ini setelah terkurung sekitar satu minggu di tempat warga. 

Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Palangka Raya BKSDA Kalimantan Tengah, Junaedy Slamet Wibowo mengatakan, anak buaya yang diserahkan ini akan dilepaskan kembali ke habibatnya yang tidak membahayakan masyarakat. Umunya, wilayah Kalimantan Tengah ini memang sebagian besar adalah habitat buaya. 

"Anak buaya yang diserahkan ini dalam keadaan sehat. Kami mengapresiasi terhadap warga yang menangkap tetapi tidak menyakiti buaya tersebut. Sebab ini jenis hewan yang dilindungi," kata Junaedy, Rabu, 26 Febuari 2020. 

Masyarakat yang melihat buaya diimbau untuk berhati-hati. Apalagi, belum ada pengalaman sama sekali dalam menangkap buaya. 

"Sebab buaya kecil ini saja cukup berbahaya kalau menggigit. Apalagi kalau sudah besar," sebut Junaedy. 

Pihaknya memang cukup kesulitan dalam melakukan penangkapan buaya liar yang meresahkan warga ini. Di antaranya terkait dengan alat dan juga personel. 

"Karena bukan hanya buaya saja yang masuk laporan ke kami. Ada juga beruang dan jenis-jenis hewan lainnya," pungkasnya. (M.BADARUDIN/B-6)

Berita Terbaru