Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Mura Paparkan Kesuksesan Membangun SDM di Acara BKKBN Kalteng

  • Oleh Reno
  • 26 Februari 2020 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Bupati Murung Raya atau Perdie M Yoseph menjadi salah satu pembicara pada kegiatan Rapat Kerja Daerah atau Rakerda Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional atau BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah di Sampit, Rabu, 26 Februari 2020.

Dalam kesempatan itu, Bupati Mura ini memaparkan dukungan pemerintah daerah mendukung program peningkatan sumber daya manusia (SDM) melalui program yang digalakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak atau Disdalduk KBP3A Kabupaten Mura.

"Terutama dari segi anggaran kita selalu support kegiatan penguatan kapasitas sumber daya manusia, pemahaman terhadap program pengendalian penduduk, keluarga berencana, pemberdayaan perempuan hingga pada perlindungan anak itu sendiri," kata Perdie.

Menurut Perdie, saat ini Pemerintah Kabupaten Mura dibawah kepemimpinannya telah menjalankan program percepatan pembangunan desa yakni Rp 1,5 miliar 1 desa dan 1 kelurahan.

"Dari porsi anggaran itu juga mendukung kegiatan penguatan sumberdaya yang kita miliki. Ini bentuk upaya dan kesiapan kita menghadapi perkembangan zaman serta daerah kita yang menjadi penyangga ibukota negara," sebutnya.

Mengingat bahwa jarak IKN yang baru di Panajam Paser Utara itu cukup dekat dengan Kabupaten Mura, ia menilai sudah tentu dampak pembangunan akan dirasakan oleh Mura.

"Sehingga yang kita persiapkan adalah sumber daya manusia yang kita miliki di Mura. Jadi kita siap menghadapi perkembangan dan kemajuan atas dampak kehadiran ibu kota di Kalimantan Timur itu," jelasnya.

Alumnus STPDN ini menyebutkan bahwa Pemkab Mura telah memperhatikan dan mendukung mahasiswa yang menyelenggarakan pendidikan di perguruan tinggi, yakni dengan memberikan bantuan sebesar Rp 10 juta untuk 10 mahasiswa yang berasal dari 116 desa dan 9 kelurahan di Kabupaten Mura.

Selain itu, ia telah menerbitkan peraturan Bupati Murung Raya Nomor 17 Tahun 2019 tentang Bantuan Bagi Mahasiswa Kedokteran asal Kabupaten Mura yang berkuliah di Universitas Palangka Raya melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SMBPTN.

Selain itu, lanjut Perdie M Yoseph, pihaknya juga menerbitkan Peraturan Bupati Mura Nomor 12 Tahun 2018 tentang Murung Raya Sejahtera. Itu merupakan program untuk masyarakat miskin dan kurang mampu yang tidak pernah menerima bantuan sosial dari pemerintah pusat maupun provinsi dengan empat kriteria yakni lanjut usia  60 tahun, anak terlantar dan yatim piatu. 

Berita Terbaru