Dinas Pertanian Kembangkan Sumber Air di Kecamatan Benua Lima

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 26 Februari 2020 - 22:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur fokus mengembangkan sumber air untuk irigasi pertanian di Kecamatan Benua Lima.

"Dinas Pertanian, pertama fokus pada sumber-sumber air yang memang diusulkan oleh masing-masing desa. Jadi pengembangan sumber air seperti embung, tabat, kemudian saluran tersier yang menjadi kewajiban kita," kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Barito Timur Riza Rahmadi terkait Musrenbang di Kecamatan Benua Lima, Rabu, 26 Februari 2020.

Menurutnya, Dinas Pertanian siap mendukung apa yang menjadi program Kementerian Pertanian seperti pengembangan sumber air itu.

"Untuk jalan usaha tani, biar kawan-kawan di desa bisa menggunakan Dana Desa, jadi kami siap untuk pengembangan sumber air seperti di Desa Bagok kita siapkan Embung untuk mendukung 53 hektare sawah yang desa itu. Kemudian di Desa Bamban kita coba lihat secara rinci apa yang menjadi usulan mereka terkait sumber air," ujar Riza.

Riza juga berharap sawah-sawah yang ada di Desa Bamban dapat teraliri dengan baik untuk meningkatkan produksi padi di desa tersebut.

Selain fokus pada pengembangan sumber air untuk meningkatkan produksi padi di Kecamatan Benua Lima, dia juga mendorong untuk pengembangan ayam petelur di kecamatan yang terdiri dari 6 desa dan satu kelurahan ini.

"Kita berharap kepala desa dapat mendukung program ini, nanti Dinas Pertanian menyediakan bibit dan pakan selama dua bulan, kandangnya desa yang menyiapkan. Tahun ini kita siapkan 14 ribu bibit ayam petelur," pungkas Riza. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru