Portal Kelompok Tani di PT HMBP 2 Desa Penyang Dibongkar Pagi-pagi

  • Oleh Naco
  • 27 Februari 2020 - 09:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemortalan yang dilakukan kelompok Tani Sahai Hapakat Desa Penyang, Kecamatan Telawang, Kabupaten Kotawaringin Timur dibongkar. Informasinya, pembongkaran dilakukan aparat.

"Sekitar pukul 05.00 WIB tadi, portal kami dibongkar. Habis semuanya termasuk pagar yang kami buat. Perusahaan PT HMBP 2 mengerahkan aparat," kata Dedy Susanto, anggota kelompok tani Sahai Hapakat, Kamis, 27 Februari 2020.

Menurut Dedy mereka terkejut dengan kejadian tersebut. Warga yang melintas segala barang bawaan digeledah. Bahkan Dedy dan warga lainnya mengaku tidak bisa ke lokasi lantaran mereka dicari.

"Menurut warga yang ada di sana situasi masih mencekam, sejauh ini ada 10 orang warga kami tidak jelas keberadaannya," ucap Dedy.

Mereka tidak mengetahui secara pasti keberadaan 10 orang rekannya tersebut, karena terpisah dari rombongan.

Dedy menyayangkan atas tindakan tersebut. Apalagi, mereka beralasan hanya mengambil hak mereka yakni terkait lahan 117 hektare di luar HGU yang sebelumnya dikuasai PT Hamparan Massawit Bangun Persada (HMBP) 2 itu.

"Perusahaan jangan adu kami dengan aparat seperti ini. Mana keadilan untuk kami, padahal kemarin DAD baru saja datang ke tempat kami berdiskusi," tegasnya.

Sementara itu, terpisah legal perusahaan, Hendri saat dikonfirmasi mengaku tidak mengetahui terkait pembongkaran portal tersebut.

"Saya saat ini lagi di Jakarta," ucapnya singkat. (NACO/B-11)

Berita Terbaru