Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

MIN 3 Kapuas Rapat Koordinasi Sesuaikan Soal Ujian dengan Bahan Ajaran

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 27 Februari 2020 - 11:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Madrasah Ibtidaiyah Negeri atau MIN 3 Kapuas menggelar rapat koordinasi untuk teknik pembuatan dan penyesuaian soal Ujian Akhir Madrasah (UAM) dengan bahan yang sudah diajarkan kepada murid, Kamis, 27 Februari 2020.

Kepala MIN 3 Kapuas, H Saliman, mengatakan untuk persiapan penyusunan soal UAMBD sudah dilaksanakan dengan menggelar rapat.

"Iya, kami sudah adakan rapat untuk menyesuaikan soal dengan bahan ajar, karena ini penting sekali," ucap Saliman.

Dengan pembuatan soal UAMBD yang dilakukan secara profesional mulai dari penulisan soal, telaah soal, analisa soal, dan penyusunan bank soal.

“Setiap soal yang dibuat harus memenuhi dan memiliki komponen-komponen rinci, jelas dan mudah dipahami, sesuai dengan indikator, dan untuk penyusunan kisi-kisi soal harus memperhatikan faktor relevansi, kontinuitas, dan konstektual,” tuturnya.

Sementara, Ketua Panitia UAMBD, Akhmadi menerangkan soal yang dipersiapkan itu untuk mata pelajaran Aqidah Akhlak, Bahasa Arab, SKI, Fiqh dan Alqur’an Hadist ini akan dikelompokkan sesuai dengan mata pelajaran dan bidang guru mata pelajaran tersebut.

Selama proses penyusunan soal UAMBD, setiap guru mata pelajaran diminta untuk mempedomani kisi-kisi soal Ujian Madrasah yang telah dikeluarkan sesuai dengan kurikulum yang diajarkan.

“Setiap guru dikelompokkan sesuai dengan mata pelajaran yang mereka ajarkan. Pada penyusunan soal UAMBD harus sesuai kisi-kisi yang kemudian diketik dan dikumpulkan ke panitia,” ucap Akhmadi. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru