Dinas PMDes Kotawaringin Timur Gelar Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna, ini Tujuannya

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 27 Februari 2020 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menggelar lomba inovasi teknologi tepat guna, yang diikuti para pelajar, mahasiswa, umum, dan juga perwakilan kecamatan.

"Lomba inovasi teknologi tepat guna diikuti 14 peserta," ujar Kepala Dinas PMDes Kotim, Hawianan, Kamis, 27 Februari 2020. 

Lomba itu digelar untuk melihat inovasi-inovasi yang tepat guna dan bisa dimanfaatkan untuk daerah ini. Terutama dalam mengembangkan potensi sumber daya alam (SDA) yang ada di Kotim ini. 

"Lomba ini sebagai upaya kami untuk melihat sejauh mana upaya masyarakat dalam memanfaatkan SDA melalui inovasi teknologi yang tepat guna," kata Hawianan. 

Contohnya, seperti wilayah selatan Kotim yang merupakan penghasil kelapa terbesar di Kotim. Namun selama ini masyarakat di daerah tersebut hanya menjual buah dan menjadikan kelapa sebagai kopra saja. Sehingga nilai jualnya saat ini tidak terlalu tinggi. 

Terkait itu, dia berharap ada inovasi teknologi yang bisa dikembangkan untuk memanfaatkan berbagai macam potensi kelapa yang ada di wilayah selatan tersebut. 

"Mudah-mudahan dengan lomba ini, ada inovasi teknologi yang tepat guna bagi masyarakat di Kotim ini," harap Hawianan. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru