DPMDes Kotim akan Berupaya Gelar Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Tingkat Provinsi

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 27 Februari 2020 - 13:31 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) akan berupaya menggelar lomba inovasi teknologi tepat guna tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

"Saat ini kami sudah menggelar inovasi teknologi tepat guna tingkat Kotim dan mudah-mudahan nanti bisa menggelar tingkat Kalteng," ujar Kepala DPMDes Kotim, Hawianan, Kamis, 27 Februari 2020.

Rencana ini sebagai upaya agar masyarakat di Kotim semakin bertambah pengetahuan inovasi teknologi tepat guna. Karena semakin luas pengetahuan maka akan semakin bayak inovasi yang bisa dikembangkan di daerah ini.

"Kalau digelar di Kotim, maka kita akan banyak belajar teknologi apa yang dikembangkan kabupaten lain. Siapa tahu nantinya bisa dikembangkan juga di Kotim ini," katanya.

Dia sadar sarana dan prasaran di Kotim saat ini untuk menggelar lomba tingkat provinsi masih minim. Namun jika dipercayai, maka mereka akan berupaya semaksimal mungkin untuk mensukseskan kegiatan tersebut.

Sementara saat ini cukup banyak potensi sumber daya alam (SDA) di daerah ini yang belum dikembangkan.

Hal itu dikarenakan keterbatasan teknologi. Sehingga dengan adanya lomba inovasi teknologi tepat guna tersebut, bisa menjadi salah satu terobosan untuk menciptakan teknologi yang bermanfaat.

"Kalau tingkan provinsi, tentu akan semakin banyak teknologi canggih yang dibawa ke Kotim. Dan hal itulah yang harus jadi contoh untuk kemajuan di daerah ini," terangnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru