Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tim PKRS RSUD Kapuas Beri Penyuluhan Tentang Penyakit Stroke

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 27 Februari 2020 - 15:51 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Tim Promosi Kesehatan Rumah Sakit atau PKRS RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas memberikan penyuluhan tentang penyakit stroke di ruang tunggu poliklinik rawat jalan rumah sakit.

Penyuluhan kesehatan ini dilakukan oleh dr Evan K Gampa dengan bimbingan dr Alriyad Zulkarnein selaku Dokter Spesialis Neurologi beserta tim PKRS, diikuti sejumlah pengunjung rumah sakit.

dr Evan menjelaskan penyakit stroke adalah kondisi ketika pasokan darah ke bagian otak terganggu atau berkurang, sehingga membuat jaringan otak tidak mendapatkan oksigen dan nutrisi.

"Jika tidak segera ditangani, dalam beberapa menit sel-sel di otak bisa mati. Penyakit stroke adalah keadaan darurat sehingga perawatan cepat adalah sesuatu yang sangat penting," ucap Evan, Kamis, 27 Februari 2020.

Dia menuturkan dengan adanya tindakan penanganan yang cepat, dan tepat dapat meminimalkan tingkat kerusakan otak dan mencegah kemungkinan munculnya komplikasi.

"Banyak faktor yang dapat meningkatkan risiko dari stroke. Faktor resiko yang berpotensi tinggi menyebabkan stroke yakni usia, dimana stroke meningkat dua kali lipat setiap pertambahan usia 10 tahun dari usia 55 tahun," tuturnya.

Kemusian faktor riwayat keluarga, tekanan darah tinggi, merokok, diabetes mellitus, kolesterol tinggi, pola makan tinggi lemak jenuh, tinggi garam, Kurangnya aktifitas fisik.

"Kurangnya aktifitas olah tubuh dan obesitas atau keduanya dapat meningkatkan risiko terjadinya hipertensi, kolesterol tinggi, diabetes, penyakit jantung dan tentu stroke. Lakukan olah tubuh minimal 30 menit setiap hari secara rutin," tuturnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru