Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sintang Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BUMDes yang Maju Harus Jadi Contoh di Kotim

  • Oleh Naco
  • 27 Februari 2020 - 15:41 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), H. Rudianur meminta agar Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang sudah maju bisa jadi contoh bagi desa lain untuk pengembangannya. 

Hal ini mengingat ada sejumlah BUMDes yang belakangan ini cenderung berkembang dengan baik. Selain itu juga  keberadaan BUMDes diharapkan bisa membantu masyarakat.

“Dari 168 desa di Kotim ini saya yakin ada beberapa BUMDes yang sudah maju, baik itu bentuknya usaha bersama  maupun usaha simpan  pinjam,” kata Rudianur, Kamis, 27 Februari 2020.

Terkhusus untuk BUMDes yang bergerak dalam bidang usaha dagang, dia berharap jangan terlalu banyak mengambil untung. Apalagi pada prinsipnya modal BUMDes itu merupakan penyertaan modal dari anggaran desa. 

“Kalau jual barang sembako ke warga jangan mahal-mahal dan itu juga untuk menciptakan pelanggan dan pada akhirnya  nanti BUMDes itu akan berkembang jika sudah dijadikan sebagai pilihan utama oleh masyarakat," tukasnya.

Begitu juga untuk yang menerapkan usaha simpan pinjam. Hendaknya, bisa membantu warga  disektor permodalan. Namun ditekankan agar BUMDes simpan pinjam jangan sama seperti lintah darat atau rentenir.

Selain itu kata Rudianur untuk bidang usaha yang dijalankan BUMDes sangat beragam, dan banyak yang bisa digarap seperti meubel, pengelola pasar desa, kios desa, simpan pinjam, penjualan alat tulis kantor, air minum isi ulang, jasa transportasi, perikanan, pertanian, sembako, jual beli sawit, penjualan gas elpiji, pengadaan barang dan jasa, listrik desa, internet desa, bengkel, pencucian kendaraan dan lainnya. 

Kendala yang banyak dihadapi umumnya terkait sumber daya manusia yang terbatas, pemilihan jenis usaha tidak tepat dan kurangnya jiwa wirausaha. Upaya yang dilakukan adalah meningkatkan pembinaan dengan melalui pelatihan dan lainnya. (NACO/B-6)

Berita Terbaru