RSUD Muara Teweh akan Bisa Tangani Pasien Cuci Darah

  • Oleh Ramadani
  • 27 Februari 2020 - 16:51 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - RSUD Muara Teweh akan segera melayani pasien cuci darah yang sebelumnya hanya dapat dilaksanakan di rumah sakit lain.

Direktur RSUD Muara Teweh, drg Dwi Agus Setijowati melalui Kepala Ruangan Intensive Care Unit (ICU) Veronica Sasikirana, mengatakan izin untuk mengoperasikan ruang cuci darah (hemodialisa) sudah diajukan kepada Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN).

"Sebelum izin keluar, pihak terkait melakukan pengujian air. Sampel air diambil dari ruang filter. Airnya diuji dulu, layak atau tidak. Diperkirakan Agustus mendatang, hasil uji air keluar," papar Vero, Kamis 27 Februari 2020.

Vero menambahkan seiring dengan pengujian air dan penyiapan ruangan, pihak RSUD mengirimkan seorang dokter dan dua perawat sebagai persiapan mengoperasikan ruang hemodialisa.

"Nanti segera menyusul lagi pengiriman satu dokter dan dua perawat, sehingga total dua dokter dan empat perawat yang akan mengoperasikan ruang cuci darah di RSUD Muara Teweh ini," ucapnya.

Guna melayani pasien cuci darah, RSUD Muara Teweh juga menyediakan satu ruangan khusus didukung empat tempat tidur pasien dan fasilitas lainnya.

“Jika ruang cuci darah operasional, para pasien di Barito Utara tak perlu lagi berobat ke Palangka Raya, Banjarmasin, dan Jawa cukup di RSUD Muara Teweh ini,” pungkasnya. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru