Kepala Desa di 3 Kecamatan di Barito Utara Ikut Penyuluhan Karhutla

  • Oleh Ramadani
  • 27 Februari 2020 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Unit Pelaksana Teknis Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (UPT KPHP) Barito Hulu, Kabupaten Barito Utara melaksanakan penyuluhan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tahun 2020, di aula NU Muara Teweh, Kamis 27 Februari 2020.

Kegiatan penyuluhan karhutla yang dibuka Kepala UPT KPHP Barito Tengah Bahruddinsyah ini diikuti Kepala Desa (Kades) dan aparatur desa di tiga Kecamatan, yaitu Teweh Tengah, Teweh Selatan dan Teweh Baru.

Dalam penyuluhan ini, narasumber yang dihadirkan yakni Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah Neneng Ariyani.

Dikatakan Bahrudinsyah, kegiatan penyuluhan ini mengacu pada SK Kepala Dinas Kehutanan Provinsi kalteng Nomor : 5222/43/III.2/Dishut tentang pembentukan panitia kegiatan penyuluhan pencegahan kebakaran hutan dan lahan di UPT KPH Barito Tengah.

“Kegiatan penyuluhan ini sebagai bentuk tanggungjawab kita dalam upaya melestarikan hutan dan lahan serta mencegah terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan,” kata Bahruddin.

Maka dari itu, jelasnya, perlu kesadaran semua pihak baik pemerintah, dunia usaha dan masyaraklat sekitar hutan untuk bekerjasama dalam menjaga hutan dari tindakan-tindakan yang dengan sengaja membakar hutan dan lahan.

Menurutnya, tugas dan fungsi UPT KPHP Barito Tengah unit VI dan VIII sebagai unit organisasi ditingkat tapak adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya hutan sebagai salah satu sumber kehidupan bagi masyarakat sekitar.

“Yang nantinya diharapkan agar masyarakat dapat mersama-sama ikut menjaga, melindungi dan mengamankan hutan dari bahaya karhutla demi menjamin keberlanjutan hutan bagi kehidupan sekarang dan kehiduipan generasi yang akan datang,” imbuhnya.

Lebih lanjut Bahruddinsyah sesuai dengan daftar pelaksanaan kegiatan tahun anggaran 2020 yangb telah disusun, UPT KPHP Barito Tengah akan melaksanakan beberapa kegiatan yang akan melibatkan peran serta masyarakat sekitar hutan di wilayah kelola UPT KPHP Barito Tengah unit VI dan VII. (RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru