Tim PKRS RSUD Kapuas Sampaikan Sejumlah Gejala Penyakit Stroke

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 27 Februari 2020 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Tim Promosi Kesehatan Rumah Sakit atau PKRS RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas menyampaikan sejumlah gejala penyakit stroke pada penyuluhan yang diadakan di ruang tunggu Poliklinik rawat jalan rumah sakit.

Penyuluhan kesehatan ini dilakukan dr Evan K Gampa dengan bimbingan dr Alriyad Zulkarnein, mengatakan tiap bagian otak mengendalikan bagian tubuh yang berbeda, sehingga gejala stroke tergantung pada bagian otak yang terserang dan tingkat kerusakannya.

Itulah mengapa gejala atau tanda stroke bisa bervariasi pada tiap pengidap, namun umumnya stroke muncul secara tiba-tiba.

"Ada tiga gejala utama stroke yang mudah untuk dikenali," ucap Evan, Kamis, 27 Februari 2020. 
Tiga gejala itu, diantaranya salah satu sisi wajah akan terlihat menurun dan tidak mampu tersenyum karena mulut atau mata terkulai.

"Tidak mampu mengangkat salah satu lengannya karena terasa lemas atau mati rasa. Tidak hanya lengan, tungkai yang satu sisi dengan lengan tersebut juga mengalami kelemahan," tuturnya.

Kemudian ucapan tidak jelas, kacau, atau bahkan tidak mampu berbicara sama sekali meski penderita terlihat sadar.

Sedangkan, ada juga beberapa gejala dan tanda stroke lainnya, yaitu mual dan muntah. Sakit kepala hebat yang datang secara tiba-tiba, disertai kaku pada leher dan pusing berputar (vertigo).

"Penurunan kesadaran, sulit menelan (disfagia), sehingga mengakibatkan tersedak, gangguan pada keseimbangan dan koordinasi, dan hilangnya penglihatan secara tiba-tiba atau penglihatan ganda," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru