Anggota Komisi I DPRD Kotim Ini Dukung Tiap Malam Minggu Dilakukan Pagelaran Seni di Ikon Jelawat

  • Oleh Naco
  • 27 Februari 2020 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi I DPRD Kotim Rimbun mendukung agar setiap malam Minggu Pemkab Kotim menyediakan tempat pagelaran seni daerah di kawasan ikon Jelawat Sampit. 

Hal ini sebagai bentuk pelestarian adat budaya lokal setempat. Seperti malam Minggu lalu acara yang dilakukan sudah bagus.

"Kawasan Ikon Jelawat suasananya seperti hidup karena ada kegiatan pagelaran seni lokal dari sejumlah seniman. Hal semacam ini paling tidak setiap dua mingu sekali atau setiap bulan dilaksanakan di daerah itu,”kata Rimbun, Kamis, 27 Februari 2020.

Menurutnya, pemerintah hanya menyediakan tempat dan sejenisnya beserta dengan perangkat pengeras suara dab itu tidak perlu modal besar. 

Menurutnya, jauh sebelum kegiatan di Ikon Jelawat tersebut, pemerintah kabupaten mencanangkan malam pagelaran seni di kawasan Taman Miniatur di kilometer 3 Sampit. Saat itu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata yang didelegasikan untuk menyelenggarakannya. 

"Tapi pada kenyataannya tidak berjalan juga itu karena lokasinya memang jauh dari perkotaan tapi kalau di Ikon Jelawat itu memang lokasinya tepat. Saya  berharap demikian bisa dibantu dan difasilitasi pemerintah kabupateb,” tegas Rimbun.


Rimbun mengakui dikalangan masyarakat saat ini memang merindukan adanya kegiatan kesenian yang difasilitasi pemerintah. Maka dari itulah dia selalu menyampaikan pentingnya bagi pemerintah untuk konsisten dan komitmen mempertahankan dan melestarikan kebudayaan daerah melalui berbagai kegiatan. 

Tidak cukup hanya melalui event tahunan tetapi memang harus ada wadah dan tempat untuk penampilan kelompok dan penggiat seni. (NACO/B-5)

Berita Terbaru