Rakor Kesiapsiagaan Bencana di Katingan Diharapkan Hasilkan Ini

  • Oleh Abdul Gofur
  • 27 Februari 2020 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Katingan mengadakan rapat koordinasi evaluasi dan kesiapsiagaan menghadapi bencana di aula Bappeliitbang, Kamis, 27 Februari 2020.

Ketua panitia pelaksana, Sahembung mengatakan, rapat koordinasi ini diharapkan menghasilkan beberapa poin penting dalam rangka melakukan pencegehan bencana baik kebakaran hutan dan lahan maupun banjir di daerahnya.

Ada lima poin penting yang diharapkan dari rapat koordinasi yang melibatkan berbagai lapisan masyarakat dan pemerintah ini.

Pertama, kata Sahembung diharapkan terbentuknya satuan tugas kebencanaan atau Satgas Kebencanaan sampai tingkat desa.

Lalu mendukung kerjasama berkelanjutan dengan pihak lain untuk mempersiapkan atau pembentukan regu atau tim relawan untuk pencegahan dan pengendalian karhutla di wilayah kawasan masing-masing.

Kemudian melakukan kampanye Karhutla bersama unsur terkait, seperti BPBD, TNI, Polri, Brigdalkarhutla, kecamatan, desa dan lain-lain.

Selanjutnya menjadikan kelompok satgas kebencanaan kelurahan atau desa bersama mitra terdekat merupakan kegiatan utama dalam kesiapsiagaan dan ketangguhan dalam menghadari bila terjadi bencana.

Kemudian terakhir menjalin kerjasama dengan pihak PBS atau swasta yang ada di sekitar wilayah masing-masing kecamatan terkait pencegahan dan pengendalian potensi terjadinya bencana ataupun terjadi bencana.

"Melalui rapat koordinasi evaluasi dan kesiapsiagaan sehingga pada saat mencegah atau terjadi bencana dapat berfungsi dengan maksimal, efektif dan efisien," imbuh Sahembung. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru