Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Meranti Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Katingan Sebut Tahun 2020 Daerahnya Bakal Alami Kemarau Panjang

  • Oleh Abdul Gofur
  • 28 Februari 2020 - 06:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Wakil Bupati Katingan Sunardi Litang menyebutkan, pada tahun 2020 ini daerahnya bakal mengalami musim kemarau cukup panjang.

"Dari ramalan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalimantan Tengah menunjukkan bahwa wilayah Kabupaten Katingan akan mengalami kemarau yang cukup panjang," kata Wabup Sunardi Litang saat membuka rapat koordinasi, evaluasi dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana di aula Bappeliitbang, Kamis, 27 Februari 2020.

Sebagaimana diketahui, kata dia, akibat dari kemarau wilayahnya cukup rentan terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

"Tentunya merugikan kita semua. Dan saya berharap langkah-langkah antispatf yang baik harus dilakukan dan terus ditingkatkan baik kualitas maupun kuantitasnya agar kelestarian alam, hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Katingan ini benar-benar tetap terjaga," katanya.

Untuk itu, ujar Wabup Sunardi Litang, peranan penyuluhan, sosialisasi atau imbauan untuk semua pihak guna sama-sama mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan melalui upaya preventif, adalah bagian yang sangat penting untuk dilakukan terus menerus secara aktif efektif dan efisien.

Misalnya dengan cara memperbanyak penyampaian informasi pada papan pengumuman, baliho, spanduk ditempat strategis yang berisikan tentang dampak buruk terhadap akibat kebakaran hutan dan lahan terhadap hidup dan kehidupan.

"Penyuluhan hukum juga merupakan hal yang tidak kalah pentingnya untuk selalu dilaksanakan dan ditingkatkan," imbuh Sunardi Litang.(ABDUL GOFUR/m)


 

Berita Terbaru