Anggota Polres Barito Selatan Simulasi Penyelamatan dan Evakuasi Korban Bencana Banjir

  • Oleh Uriutu
  • 28 Februari 2020 - 14:31 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Anggota Polres Barito Selatan melaksanakan simulasi penyelamatan dan evakuasi korban bencana banjir, di wisata tanah habang, Desa Sanggu, Kecamatan Dusun Selatan. Jumat, 28 Pebuari 2020.

Kapolres Barsel AKBP Devy Firmansyah mengatakan saat ini telah memasuki musim hujan. Kerawanan yang akan terjadi salah satunya bencana banjir.

Walau rata-rata masyarakat terbiasa dengan kondisi banjir, namun pihaknya tetap mengingatkan agar selalu berhati-hati dan waspada dangan kondisi banjir.

“Simulasi yang kita laksanakan ini untuk melatihkan anggota, supaya mereka tahu apabila terjadi bencana banjir apa yang akan mereka lakukan,” katanya.

Hal itu dimulai bagaimana cara menggunakan perahu karet, menggunakan sefty, melakukan pertolongan pertama ketika korban tidak sadar, serta menyelamatkan korban baik berada diair dalam maupun dangkal.

Simulasi ini juga terkait bagaiaman menyelamatkan korban terjebak didaratan yang dikelilingi banjir. Anggota juga harus tahu bagimana menolongnya.

Mereka ini dilatih oleh anggota yang telah mengikuti pelatihan terkait penanganan, penyelamatan dan evakuasi korban bencana banjir.

Pihaknya mengimbau masyarakat yang ditinggal didaerah bantaran DAS Barito untuk meningkatkan kewaspadaan. Jangan menganggap banjir sebagai hal yang bisa. (URIUTU DJAPER/B-6)

Berita Terbaru