Walaupun Musim Hujan dari Januari BPBD Barito Selatan Telah Tangani 8 Kejadian Karhutla

  • Oleh Uriutu
  • 28 Februari 2020 - 17:25 WIB

 

BORNEONEWS, Buntok – Walaupun saat ini musim hujan, selama dua bulan, yakni Januari-Februari 2020, BPBD Barito Selatan bersama TNI-Polri dan Pemadam kebakaran telah menangani 8 kejadian Kebakaran Hutan dan Lahan atau Karhutla.

“Meski musim hujan selama dua bulan ini dari Januari-Februari 2020 kita telah menangani sebanyak 8 kali Karhutla. Namun, semua bisa kita atasi sehingga api tidak sempat meluas,” kata kepala pelaksana BPBD Barsel, Alip Suraya melalui Kasi Kedaruratan dan Logistik, Suwono kepada Borneonews, Jumat, 28 Pebuari 2020.

Ia membeberkan, pada bulan Januari ada tiga titik lokasi terjadinya karhutla yakni di Desa Sababilah, Jalan poros Palangka Raya Buntok tepatnya di Desa Pararapak dan Desa Dangka.

Kemudian, lanjut dia, pada bulan Pebuari di Jalan Toga Desa Pamangka, Jalan Trans Baruang Desa Dangka sebanyak tiga kali Kebakaran hutan dan lahan dilokasi berbeda, dan  Wungkur Baru Desa Dangka.

Namun, lanjut dia, berkat kerjasama dengan Damkar, TNI-Polri  serta masyarakat setmpat semuanya telah ditangani meski dengan perlatan terbatas, sehingga api tidak meluas dan merembet kelainnya.

“Hanya saja berdampak warga mengalami kerugian karna kebun karet anbuah ikut terbakar,” ucap dia.

Menurutnya, dalam penanganan Karhutla ini pihaknya bisa cepat menanganinya karena ada informasi dari Posko Karhutla di desa-desa serta informasi dari masyarakat yang kebetulan lewat.

“Kita mengimbau kepada masyarakat mari bersama-sama menjaga jangan sampai terjadi kebakaran hutan dan lahan. Karena jika ketahuan pelakunya maka akan diproses secara hukum,” beber dia. (URIUTU DJAPER/B-5)

Berita Terbaru