Pansus II DPRD Kapuas Masih akan Kaji Banding untuk Selesaikan Raperda

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 28 Februari 2020 - 18:21 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pansus II DPRD Kabupaten Kapuas masih akan melakukan kaji banding, dan pendalaman untuk menyelesaikan Rancangan peraturan daerah atau Raperda, di antaranya pada bidang kesehatan.

Ketua Pansus II DPRD Kapuas, Darwandie menyebut masih perlu melakukan pendalaman Raperda bidang Kesehatan yang kini masih belum menemukan format ideal, dan berkesuaian dengan kondisi dan kebutuhan daerah.

"Untuk Raperda kesehatan ini sebelumnya sudah dilakukan kaji banding, tapi masih diperlukan referensi yang sesuai kebutuhan daerah," ucapnya, Jumat, 28 Februari 2020.

Menurut politisi PPP ini hasil kaji banding ke Badung, Bali berbanding terbalik dengan kondisi Kapuas, karena di sana pelayanan kesehatan seluruhnya digratiskan dan ditanggung pemerintah.

"Maka dalam hal penetapan retribusi, besaran nilai pelayanan dan sebagainya tidak sama," tuturnya.

Oleh sebab itu Pansus II dalam rangka penyelesaian Raperda tentang pelayanan kesehatan, dan laboratorium akan mencari referensi yang lebih merujuk kesamaan daerah dengan Kabupaten Kapuas.

Sebelumnya DPRD Kapuas telah membentuk 3 Pansus untuk menyelesaikan 11 Raperda yang diusulkan oleh pihak eksekutif beberapa waktu lalu.

"Karena itu, hasil kesepakatan rapat kemarin, bersama masing-masing Pansus masih perlu melakukan pendalaman materi melalui uji petik materi atau kaji tiru kembali, untuk sejumlah Raperda yang ada sebelum disahkam," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru