Warga Kereng Pangi Katingan Diduga Tertipu Ratusan Juta, Pelaku Diamankan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 28 Februari 2020 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Warga Kereng Pangi Hampalit Kecamatan Katingan Hilir, Kabupaten Katingan berinsial SP (44) merugi hingga Rp 258 juta. Kerugian ratusan juta rupiah itu diduga setelah ditipu oleh seorang laki-laki berinisial ES (46) warga yang tinggal di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. 

Namun akhirnya pelaku diamankan aparat Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Katingan. Selanjutnya, disampaikan ke awak media melalui konferensi pers pada Jumat, 28 Februari 2020 sore. 

Konferensi pers itu dipimpin Kapolres Katingan AKBP Andri Siswan Ansyah. Ia didampingi Wakapolres Kompol Arifin dan sejumlah perwira lainnya. Kapolres mengatakan, peristiwa tersebut berawal pada Januari 2019.

Saat itu, korban bertemu saksi, Al yang merupakan teman lama ketika di Sampit. Kemudian menawarkan kepada korban merubah nasib dengan cara ikut usaha yang dilakukan saksi. Yakni misi mengangkat benda atau barang berharga seperti berlian, dollar dan emas.

Mendengar itu, korban tertarik untuk mencoba cara tersebut hingga kemudian saksi menghubungi tersangka, RES yang berada di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Selanjutnya, tersangka menjelaskan cara atau sarat memulai misi itu. Awalnya meminta korban untuk mengirimkan sejumlah uang sebanyak Rp 26.000.000, namun saat itu korban hanya bersedia mengirimkan uang Rp 10.000.000 dan mentranfer sisanya beberapa  hari kemudian ke nomor rekening atas nama RES.

Dari Januari hingga Maret 2019, korban sudah mentranfer Rp 63.000.000  kepada tersangka. Merasa korban mudah dimintai uang, tersangka melanjutkan aksinya dengan berbagai alasan untuk meminta uang kepada korban dengan mengajak misi baru lagi mengangkat emas di keramat. Saat itu korban mentranfer uang Rp 165 juta.

Hingga total uang yang telah dikirim korban kepada tersangka dari bulan Januari sampai Desember 2019 sekitar Rp 258 juta. Dari misi ini, korban tidak ada mendapat hasil apapun dari apa yang telah dijanjikan tersangka.

Merasa dirugikan, korban akhirnya melaporkan hal ini ke Polres Katingan. Dari laporan itu, anggota Satreskrim melakukan penyelidikan berikut mengamankan tersangka di Gang Karya Baru Kelurahan Belitung, Kecamatan Kertakhanyar, Bajarmasin, Kalimantan Selatan. Tersangka diamankan di rumah kos-kosannya pada 13 Februari 2020 sekitar pukul 22.00 WITA. (ABDUL GOFUR/B-7)

Berita Terbaru