Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Momen Virus Corona, Pabrik Masker Ilegal Raup Omzet Fantastis

  • Oleh Teras.id
  • 29 Februari 2020 - 07:15 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Pabrik masker ilegal di Jalan Cakung Cilincing yang digerebek Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya diketahui beromzet fantastis, diduga mendapat keuntungan dari kecemasan soal isu wabah virus Corona.

Pabrik masker ilegal tersebut diketahui berada di Kawasan Pergudangan Central Cakung Blok i No.11 Jalan Raya Cakung Cilincing KM 3, Rorotan Cilincing Jakarta Utara.

"Ini hasil perhitungan kasar, itu dia bisa mendapat keuntungan Rp 200 juta hingga Rp 250 juta dalam satu hari," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Yusri Yunus, di lokasi penggerebekan, Jumat, 28 Februari 2020.

Yusri menyebut produsen masker ilegal ini berusaha mencari keuntungan di tengah tingginya permintaan masker akibat kekhawatiran soal wabah virus Corona (COVID-19).

"Beberapa bulan ke belakang ini harga masker ini tiba-tiba melonjak terlalu tinggi di pasaran. Yang biasanya paling murah harga masker itu Rp20 ribu, sekarang di pasaran sudah mencapai sekitar Rp300 ribu," kata Yusri.


Meski dijual dengan harga yang sangat tinggi, masker tersebut tetap langka dan sulit didapatkan oleh masyarakat.

"Bahkan masker ini hilang di pasaran, karena sangat dibutuhkan, bahkan seluruh dunia membutuhkan termasuk Indonesia," ujar Yusri.

Para pelaku yang melihat situasi tersebut akhirnya memproduksi masker sendiri untuk mengeruk keuntungan sebesar-besarnya dengan cara melawan hukum.

Dalam penggerebekan itu petugas menyita sejumlah barang bukti sepertl 30.000 kotak masker siap edar serta mesin dan bahan baku pembuat masker.

Yusri awalnya mengatakan terungkapnya pabrik masker ilegal itu berawal dari informasi mengenai adanya aktivitas penimbunan masker yang sedang langka dipasaran.

Berita Terbaru