Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Selain Virus Corona, Waspadai 5 Jenis Virus Berbahaya Lainnya

  • Oleh Teras.id
  • 29 Februari 2020 - 11:00 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Virus corona atau yang dikenal dengan COVID-19 adalah jenis virus baru yang menjangkini manusia. Seluruh perhatian publik di dunia terpusat pada penyebaran dan korban jiwa akibat virus itu. Virus ini pada dasarnya adalah kelompok virus yang dapat menimbulkan gejala yang beragam, mulai dari pilek hingga sakit parah, seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS-CoV) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS-CoV).

Tiga gejala utama virus corona adalah sesak napas, batuk, dan demam tinggi. Sayangnya, obat untuk virus corona sampai akhir Februari 2020 ini belum ditemukan. Meskipun demikian, Anda dapat melakukan langkah preventif agar tidak tertular virus mematikan ini dengan menjaga kebersihan diri (misalnya cuci tangan dengan sabun) dan menjaga jarak dengan orang yang batuk atau bersin.

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menyarankan agar setiap orang meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara melakukan pola hidup sehat. Sedangkan penggunaan masker  bukan merupakan langkah preventif karena sebenarnya masker hanya perlu digunakan oleh suspek (diduga) atau penderita infeksi virus corona dan orang-orang yang merawat pasien atau suspek corona.

Namun selain virus corona, ada macam-macam virus yang juga harus Anda waspadai karena dapat menyebabkan masalah kesehatan yang tak kalah serius. Ada banyak  jenis virus yang hidup di bumi, tapi tidak semuanya dapat mengakibatkan penyakit pada manusia. Sebaliknya, virus yang dapat menjangkiti manusia bisa menyebar dari orang ke orang, melalui gigitan serangga, atau hewan perantara yang kemudian berinteraksi dengan manusia.

Berikut ini beberapa jenis virus lain yang patut Anda waspadai

1. RSV (Respiratory syncytial virus)
Virus RSV ini memiliki gejala yang tampak mirip dengan virus corona, namun keduanya merupakan hal yang berbeda. Gejala dari RSV, di antaranya batuk, demam, bersin, hidung berair, dan sakit tenggorokan. Virus ini bisa menginfeksi bayi, anak-anak, hingga orang dewasa. Gejala ini dapat sembuh sendiri dalam kurun waktu 2 minggu.

2. HIV (Human immunodeficiency virus)
Di antara macam-macam virus yang tersebar di muka bumi, HIV adalah salah satu virus yang sangat tidak boleh diremehkan. Pasalnya, virus ini merusak sel pada sistem imun manusia sehingga penderitanya sangat rentan terkena infeksi dan segala jenis penyakit.

Tidak seperti corona, HIV seringkali tidak menimbulkan gejala yang berarti pada penderitanya, padahal virus HIV terus menggerogoti sel imun. Jika imunitas telah sangat rusak, maka Anda akan berada pada kondisi yang dinamakan AIDS.

Hingga saat ini, belum ada obat yang bisa menyembuhkan HIV/AIDS. Namun, serangkaian perawatan dapat meminimalisir efek buruk virus tersebut dan memperpanjang harapan hidup bagi penderitanya. Anda pun bisa menghindari infeksi virus ini dengan mempraktekkan hubungan seksual yang aman dan tidak menggunakan jarum suntik bekas orang lain.

3. Demam berdarah
Bagi masyarakat yang hidup di lingkungan tropis, virus demam berdarah adalah salah satu dari macam-macam virus yang harus diwaspadai. Pada awal 2019 lalu saja, jumlah penderita demam berdarah di Tanah Air mencapai 13.683 penderita, dengan 132 di antaranya meninggal dunia.

Berita Terbaru