Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Jembrana Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bisnis Menjanjikan, Pemkab Kobar Bakal Kembangkan Komoditas Kopi

  • Oleh Wahyu Krida
  • 29 Februari 2020 - 12:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Selain tanaman karet dan sawit yang menjanjikan dalam segi bisnis untuk dikembangkan di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), saat ini komoditas kopi juga memiliki potensi yang bagus untuk dikembangkan.

Bupati Kobar Nurhidayah, Sabtu, 29 Februari 2020 menjelaskan saat ini secara perlahan, komoditas kopi mulai dikembangkan di Kabupaten Kobar.

"Untuk itulah kemarin kami melakukan kaji banding ke Pasuruan Jawa Timur terkait pengembangan dan bisnis tanaman kopi. Ditempat itu kita lihat bagaimana mereka melakukan pengembangan dan proses pengolahan kopi robusta hingga siap ekspor," jelas Bupati.

Saat ini, menurut Bupati Pemkab Kobar sudah menyiapkan lahan sekitar 50 hektar di Kecamatan Arut Utara (Aruta) guna pengembangan tanaman kopi robusta.

"Karena setelah kita lihat dan lakukan kaji banding di Pasuruan, tanaman kopi robusta sangat cocok untuk dikembangkan di Kobar.  Bahkan rencananya tanggal 7 Maret 2020 Balai Besar Kopi dari Pasuruan bakal mengunjungi Kobar untuk melakukan penelitian lanjutan terkait pengembangan kopi di Kabupaten Kobar," jelas Bupati.

Pasalnya, lanjut Bupati, potensi bisnis kopi hingga masa yang akan datang diprediksi akan terus bertahan, seiring masih dijadikannya produk tersebut sebagai bahan minuman yang banyak digemari orang.

"Karena itulah, kita jangan hanya jadi penikmat kopi saja. Namun bagaimana kedepan kita bisa turut serta jadi produsen kopi. Tentunya hal ini merupakan upaya kita guna meningkatkam ekonomi masyarakat Kobar," pungkas Bupati. (WAHYU KRIDA/B-5)

Berita Terbaru