Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Maros Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tim PKRS RSUD Kapuas Berikan Penyuluhan Terkait Pentingnya Cuci Tangan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 29 Februari 2020 - 17:31 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Tim promosi Kesehatan Rumah Sakit atau PKRS RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas kembali melaksanakan penyuluhan kesehatan kepada pengunjung atau masyarakat di ruang tunggu poliklinik rawat jalan.

Kali ini Tim PKRS yang disampaikan oleh dr Puspa Negara selaku dokter internsip menyampaikan materi tentang pentingnya cuci tangan yang benar sebagai pencegahan penyakit kepada masyarakat.

dr Puspa menuturkan menurut WHO mencuci tangan adalah proses yang secara mekanis melepaskan kotoran, dan kuman dari kulit tangan dengan menggunakan sabun dan air.

"Tujuannya menjaga kebersihan diri, mencegah infeksi, sebagai pelindung diri. Karena itu penting sekali melakukan cuci tangan dengan benar," ucap Puspa, 29 Februari 2020.

Terlebih manfaat yang diperoleh itu untuk menghindarkan penularan penyakit melalui tangan (makanan), menjaga kebersihan diri (perorangan), dan untuk membuat tubuh kita tetap sehat dan terhindar dari penyakit nosokomial .

"Terpenting supaya tidak menjadi agen penular bibit penyakit kepada orang lain," tuturnya.

Ia menjelaskan diharapkannya masyarakat bisa mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, setelah buang air besar dan kecil, setelah kontak dengan orang batuk atau bersin dan lainnya.

"Untuk cara mencuci tangan bisa dilakukan dengan basahi tangan dengan mengalir yang bersih tuangkan 3 – 5 cc sabun cair untuk menyabuni seluruh permukaan tangan, lalu dicuci dengan air mengalir," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru