Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ngada Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

MTsN Sampit Butuh Dana untuk Berangkatkan Siswi ke Turki

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 29 Februari 2020 - 18:31 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Hingga saat ini pihak Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) sangat membutuhkan dana untuk memberangkatkan siswanya yang mewakili Indonesia berangkat ke Istanbul, Turki untuk mengikuti Internasional Olimpiade Sains Pelajar.

"Alhamdulillah kami mewakili Indonesia pada olimpiade, namun yang menjadi kendala kami adalah dana untuk berangkat ke sana. Karena harus disiapkan secara mandiri," ujar guru pembimbing 3 siswi yang menjuarai lomba tingkat nasional sains dan teknik, Tri Lisdiyaningsih, Sabtu 29 Februari 2020.

Ia menyebut dana yang dibutuhkan untuk berangkat dan tinggal selama 6 hari untuk mengikuti olimpiade sangat besar. Yakni 1 orang saja eatimasinya mencapai Rp 26,5 juta, sedangkan yang harus berangkat 3 siswa dan 1 guru pembimbing.

Biaya ini merupakan perjalanan pulang pergi dari Jakarta ke Turki, termasuk makan, transportasi, serta hotel. Pihaknya juga harus menyiapkan biaya berangkat dari Sampit menuju Jakarta serta penginapan beberapa hari di Jakarta.

"Saat ini kami masih berupaya mencari sponsor agar siswa bisa berangkat mewakili Indonesia," katanya.

Sementara itu Kepala MTsN Sampit, Djumali sangat optimistis bisa berprestasi di tingkat internasional, namun yang pasti mereka sangat berharap agar ada bantuan dari pemerintah daerah atau pengusaha yang dapat membiayai keberangkatan mereka.

"Apa yang dilakukan ini untuk mengangkat nama Kotim dan Kalimantan Tengah dan mudah-mudahan pemerintah daerah dan provinsi bisa membantu kami untuk pembiayaan besar tersebut," harapnya.

Dia mengatakan apa yang dilakukan anak didiknya ini adalah upaya untuk mengenalkan bahwa sumber daya alam di Kalteng sangat banyak yang bermanfaat.

Salah satunya akar kayu laban yang bisa dijadikan obat alternatif untuk menurunkan gula dalam darah. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru