Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sanggar Seni di Kotawaringin Timur Masih Minim Perhatian

  • Oleh Naco
  • 01 Maret 2020 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Muhammad Rudini prihatin dengan kondisi sangar kesenian lokal. Pasalnya, jumlah sanggar kesenian daerah cenderung berkurang akibat minimnya perhatian dari pihak terkait.

Hal itu terungkap saat silatuhami Rudini dengan sejumlah pegiat seni khususnya di Sangar Kesenian Desa Bapeang, Kecamatan MB Ketapang, Kabupaten Kotim.

"Saya apresiasi sanggar seni Budaya Dayak di Desa Bapeang. Meski dengan swadaya sendiri, mereka aktif dan rutin dalam memertahankan serta melestarikan budaya kita di desa itu,” kata Rudini, Minggu, 1 Maret 2020.

Menurut Rudini harus ada desa di Kotim yang konsisten dan hendaknya  bisa jadi contoh dalam upaya mereka melestarikan budaya daerah.

Rudini mengakui untuk hal semacam itu semua desa sejatinya bisa diaktifkan. Tergantung masing-masing desa. Selain itu juga perlunya dukungan dan dorongan dari pemerintah untuk berpihak kepada pelestarian budaya lokal.

“Budaya lokal kita ini seakan-akan terus tergerus. Sekarang bagaimana upaya kita pemerintah kabupaten bersama-sama dengan pihak terkait untuk tetap memertahankannya secara berkelanjutan," tegas dia.

Rudini menyebutkan, dari sisi anggaran hendaknya pemerintah bisa membantu setiap sanggar seni budaya yang ada di Kotim agar terus eksis.(NACO/B-11)

Berita Terbaru