Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Korlantas Buat Pembinaan Berlalu Lintas Sejak Dini

  • Oleh Inilah.com
  • 01 Maret 2020 - 15:20 WIB

INILAH.COM, Jakarta - Direktur Keamanan dan Keselamatan (Dirkamsel) Korlantas Polri Brigjen Pol Dr Chryshnanda Dwilaksana mengungkapkan permasalahan di bidang lalu lintas khususnya lalu lintas jalan raya semakin hari semakin berkembang dan semakin komplek seiring dengan berkembangnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi jumlah penduduk yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidup.

Menurut Chryshnanda, permasalahan di bidang lalu lintas tersebut pada akhirnya bermuara pada terjadinya gangguan keamanan, keselamatan dan ketertiban lalu lintas seperti kemacetan lalu lintas, pelanggaran lalu lintas, dan kecelakaan lalu lintas.

"Ketiga aspek tersebut baik pelanggaran lalu lintas kecelakaan lalu lintas dan kemacetan lalu lintas itu biasanya diawali oleh faktor pengendara yang tidak tertib dalam berlalu lintas, dan korban fatalitas kecelakaan banyak usia produktif," ujar Chryshnanda dalam keterangannya, Sabtu (29/2/2020).

Terkait hal itu, Korlantas Polri kini mulai melakukan pembinaan dan penanaman nilai disiplin, etika, dan budaya berlalu lintas sejak usia dini.

"Seperti yang kita lakukan saat ini adalah pembinaan dan pelantikan Patroli Keamanan Sekolah (PKS) serta Polisi Cilik (Pocil)," ujarnya.

Dia mengungkapkan pelantikan ini bertujuan untuk menumbuhkan motivasi dan semangat agar dapat memahami tentang peraturan perundang-undangan di bidang lalu lintas serta upaya untuk menggelorakan budaya keselamatan berlalu lintas demi terwujudnya keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

"Penanaman kesadaran hukum dan ketaatan warga masyarakat terhadap peraturan perundang-undangan khususnya di bidang lalu lintas perlu ditanamkan sejak usia dini di harapkan akan menjadi aset bangsa yang disiplin patuh hukum dan terlindung melalui penanaman disiplin berlalu lintas pentingnya berperilaku yang baik dan benar di jalan raya," tutur dia.

Selaras dengan program prioritas Presiden RI Joko Widodo, lanjut dia, yaitu membangun SDM yang unggul maka Korlantas Polri mempunyai program unggulan dalam pembentukan karakter anak yang bertajuk patroli keamanan sekolah dan polisi cilik.

Tidak hanya di Korlantas polri namun di seluruh polda se-Indonesia, pola pendidikan dan pembinaan nya bersifat fisik dan baris berbaris justru adalah menggali potensi dari anak tersebut dengan mencakup ilmu pengetahuan ketaqwaan, kepribadian, kedisiplinan, seni, etika dan moral serta memasukkan tentang ilmu lalu lintas.

"Adapun kemampuan baris berbaris dijadikan dasar karena dalam peraturan baris berbaris mengandung banyak nilai seperti kedisiplinan, kesetiaan dan kekompakan sehingga nantinya patroli keamanan sekolah dan polisi cilik ini menjadi generasi muda yang tangguh," tegas dia.

Dia menyebutkan pelantikan saat ini Patroli Keamanan Sekolah berjumlah 60 orang terdiri dari 13 SMA dan polisi cilik berjumlah 102 orang terdiri dari 6 SD. Salah satunya, Polisi Cilik perwakilan SDN Tebet Barat 08 Pagi yang didampingi oleh Wakil Kepala Sekolah, Sudadi Spd.

Diharapkan para adik-adik PKS dan Pocil setelah dilantik mempunyai motivasi dan kebanggaan dalam melakukan kegiatan menggelorakan kamseltibcar lantas.

Berita Terbaru