Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penyerapan Tenaga Kerja Lokal Masih Dikeluhan Masyarakat Barito Tuhup Raya

  • Oleh Syahriansyah
  • 02 Maret 2020 - 17:06 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Penyerapan tenaga lokal pada perusahaan swasta di Kabupaten Murung Raya saat ini masih menjadi persoalan bagi masyarakat terutama di Kecamatan Barito Tuhup Raya.

Keluhan ini disampaikan masyarakat saat adanya reses Wakil Ketua II DPRD Murung Raya, Rahmanto Muhidin bersama 2 anggota DPRD lainnya Rumiadi dan Tuti Marheni di Kecamatan Barito Tuhup Raya.

Rahmanto menjelaskan penyerapan tenaga lokal harus adanya solusi yang diberikan juga dari pihak pemerintah desa yang berada pada lingkup perusahaan agar dapat membuat program penyetaraan pendidikan.

"Kita juga harus mematuhi beberapa persyaratan yang masuk akal dari pihak perusahaan salah satunya seperti minimal pendidikan setidaknya SMAN sederajat. Jadi ini yang harus dibijaki oleh pemerintah desa dengan membuat program penyetaraan pendidikan seperti paket C untuk SMA," ungkapnya, Senin, 2 Maret 2020.

Dia memaparkan bagi masyarakat yang tidak memiliki keahlian tentu mengacu kepada tingkat pendidikan, sedangkan bagi masyarakat desa yang sudah memiliki keahlian atau skil tentu tidak ada aalasan bagi pihak perusahaan untuk tidak merekrut mereka.

"Ini yang menjadi perhatian kami DPRD ke depan tentu ini akan tertuang pada pembahasan Raperda tentang tenaga kerja lokal atas perubahan Perda Nomor 4 Tahun 2010, sehingga sudah kami bahas dengan beberapa perusahan dengan memanggil mereka," jelasnya. (RIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru