Wakil Bupati Kapuas Harapkan Peserta Ikuti Pelatihan Pengelolaan Siskeudes dengan Baik

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 02 Maret 2020 - 18:56 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Wakil Bupati Kapuas, Nafiah Ibnor mengharapkan para peserta yang merupakan aparatur desa dapat mengikuti pelatihan pengelolaan sistem keuangan desa atau Siskeudes dengan baik.

Karena dana yang dikelola oleh Pemerintah Desa begitu besar, maka kepada perangkat desa sebagai operator aplikasi Siskeudes Versi 2 rilis 2.0.2 yang menjadi peserta dapat mengikutinya dengan baik.

"Saya mengingatkan agar serius mengikuti setiap materi yang dilatih, sehingga nantinya dapat mengelola keuangan desa dengan menggunakan aplikasi Siskeudes secara professional dan dapat dipertanggungjawabkan dengan baik dan benar,” ucap Nafiah saat membuka pelatihan, Senin, 2 Maret 2020.

Dia kembali menekankan agar para peserta pelatihan dapat memperhatikan dengan seksama materi yang diberikan oleh para narasumber, dan bila ada yang belum jelas atau belum dapat dipahami agar ditanyakan (proaktif) pada saat kegiatan berlangsung.

"Sehingga dapat memahami cara pengelolaan manajemen Pemerintahan Desa, terutama mengelola aplikasi Siskeudes dengan cepat, tepat, efektif, efisien dan akuntabel dalam rangka tugas pengelolaan administrasi keuangan pemerintahan desa," tuturnya.

Dia juga menginstruksikan beberapa hal yaitu agar seluruh Pemdes mempercepat pelaksanaan pekerjaan fisik di lapangan yang belum selesai.

Bagi desa yang pekerjaannya sudah selesai 100 persen agar segera menyampaikan laporangan penggunaan ADD/DD nya ke Dinas PMD Kapuas.

“Selain itu saya juga menginstruksikan kepada seluruh Pemdes untuk mempercepat finalisasi draft Peraturan Desa tentang APBDES, sebagai syarat pengajuan Dana Desa Tahun 2020," pesannya.

Untuk itu peran dan dukungan dari seluruh operator Siskeudes sangat menentukan kecepatan, dan ketepatan pelaksanaan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakatnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru