Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Infrastruktur dan Ekonomi Kerakyatan Dominasi Usulan di Musrenbang Kecamatan Karusen Janang

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 02 Maret 2020 - 22:41 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Seperti saat Musrenbang di kecamatan lain, usulan program pembangunan infrastruktur, terutama jalan juga mendominasi usulan saat Musrenbang Kecamatan Karusen Janang.

Selain infrastruktur, pengembangan ekonomi kerakyatan menjadi usulan yang banyak dalam kegiatan ini.

"Sama saja dengan di kecamatan lain dan yang penting dalam Musrenbang ini kita melakukan musyawarah yang hasilnya nanti dibawa ke Musrenbang tingkat kabupaten, nanti di sana kita akan melihat mana yang dijadikan prioritas," kata Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas, Senin, 2 Maret 2020.

Menurutnya, untuk pembangunan infrastruktur jalan akan diprioritaskan untuk dilanjut jalan Pulau Bali - Ipu Mea dan Kupang Baru - Lagan.

"Jalan yang belum tuntas kita prioritaskan untuk dilanjut," imbuhnya. Sementara itu pengembangan ekonomi kerakyatan, Ampera ingin pengembangan ternak ayam petelur dan tanaman jagung untuk bahan pakan ternak di kecamatan ini terus ditingkatkan.

Dia berharap beberapa pembangunan yang menggunakan Alokasi Dana Desa atau ADD agar dievaluasi sehingga berfokus kepada ekonomi kerakyatan.

"Karena di sini banyak perusahaan sawit, dana CSR kita arahkan juga untuk pengembangan ekonomi kerakyatan terutama pengembangan ayam petelur," lanjutnya.

Sementara itu Camat Karusen Janang Fernando mengungkapkan, dalam Musrenbang ini total usulan yang disampaikan ada 99 usulan.

"Sebagai camat di sini tentu saya ingin semua usulan tersebut bisa terlaksana, namun berhubung keterbatasan anggaran seperti yang disampaikan Bapak Bupati tadi, saya berharap beberapa usulan penting dapat dikabulkan," katanya. (BOLE MALO/B-6) 

Berita Terbaru