Dinkes Pulang Pisau Tangani Ratusan Penderita TBC

  • Oleh Muhammad Badarudin
  • 05 Maret 2020 - 09:50 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pulang Pisau pada 2019 lalu menangani sekitar 101 penderita penyakit tuberkulosis atau TBC. Penyakit TBC ini rata-rata diderita oleh orang dewasa. 

Hal itu dikatakan kepala Dinkes Kabupaten Pulang Pisau melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Pande Putu Gina. Pande menjelaskan, jumlah itu tersebar di seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Pulang Pisau. 

"Penyakit ini bukan karena faktor keturunan. Tetapi karena memang budaya dan perilaku hidup," kata Pande, Kamis, 5 Maret 2020. 

Ia menambahkan, TBC ini gejalanya yaitu batuk disertai dahak. Biasanya terjadi hingga dua minggu. 

"Pengobatannya bisa sampai enam bulan. Bisa sembuh asalkan rutin berobat dan merubah gaya hidup yang tidak sehat," ucap dia. 

Pande mengungkapkan, target nasional untuk penyembuhan TBC ini yaitu 85 persen. Sementara, Kabupaten Pulang Pisau cukup baik dalam hal penanganan penyembuhan. 

"Yaitu sebesar 88 persen dari jumlah penderita. Sebab TBC ini ada yang sudah parah dan tidak dibawa berobat. Ada juga yang masih gejala ringan," tandasnya. (M.BADARUDIN/B-7)

Berita Terbaru