Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Wakatobi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

LKSP Rilis Sembilan Parpol Teratas di Pemberitaan dan Media Sosial

  • Oleh ANTARA
  • 05 Maret 2020 - 12:25 WIB

Jakarta, (ANTARA) - Lembaga Kajian Strategis dan Pembangunan (LKSP) merilis sembilan partai politik teratas dalam pemberitaan dan media sosial pada awal 2020.

"Pemeringkatan parpol hasil monitoring media daring dan media sosial dilakukan pada periode 23-29 Februari 2020 di platform media daring, Facebook, Twitter, Youtube, Instagram, Blog dan Forum," kata Direktur Eksekutif LKSP Astriana B Sinaga, di Jakarta Kamis.

Astriana menjelaskan, jangkauan isu 9 partai politik pada periode tersebut mencapai 532.71 juta akun atau "viewers". PDIP menjadi partai yang paling banyak mendapatkan jangkauan sebesar 94,1 juta akun, disusul Gerindra dengan 92,4 juta akun dan PKS dengan 80,45 juta akun.

“PDIP berhasil menjadi perbincangan di warganet setelah juga menjadi juara elektabilitas di beberapa survei. Dua periode kepemimpinan Presiden Joko Widodo memberikan dampak signifikan bagi PDIP untuk tetap di atas,” kata dia.

Astriana melanjutkan, isu yang tertangkap jadi perbincangan di PDIP adalah perintah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri bagi kader agar membuka dapur umum di banjir Jabodetabek.

Kemudian, kritik Anggota DPR RI dari PDIP terkait revitalisasi TIM di DKI Jakarta serta Pemeriksaan Sekjen PDIP di KPK.

Baca juga: LKSP: Responden Jakarta Setuju Pilpres Satu Putaran

Sementara Partai Gerindra, menurut dia, yang menjadi perbincangan adalah hasil survei elektabilitas Prabowo tertinggi untuk capres 2024. Selanjutnya, Fraksi Gerindra yang mendesak pemulangan Habib Rizieq dan Sandiaga tolak tuntutan massa 212 untuk mencopot Ahok dari Pertamina.

Kemudian, untuk PKS, perbincangan didominasi pada Presiden PKS memberi catatan kritis Omnibus Law, sikap terhadap kekerasan muslim di India dan kritik rencana sewa pesawat kepresidenan yang dianggap pemborosan.

Di luar tiga besar berturut, posisi selanjutnya ditempati Partai Golkar 75,2 juta akun atau "viewers", Demokrat 73,2 juta akun, PKB 45,4 juta akun, PPP 37,7 juta akun, Nasdem 17,3 juta akun dan PAN 16,6 juta.

Berita Terbaru