Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kobar Dorong Semua Pihak Terlibat Atasi Banjir

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 05 Maret 2020 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengajak serta mendorong semua pihak, baik Instansi pemerintah, pihak perusahaan dan masyarakat untuk bersama terlibat dalam mengatasi banjir di wilayahnya masing-masing.

Hal tersebut diungkapkan Wakil ketua I DPRD Kobar Mulyadin, pasca-terjadinya banjir di sebagian wilayah Kecamatan Pangkalan Lada pada Senin, 2 Maret 2020.

"Masalah banjir ini tidak perlu menyalahkan satu pihak. Namun kita harus bersama-sama mengatasi itu," kata Mulyadin, Kamis, 4 Maret 2020.

Dia melanjutkan, dalam mengatasi banjir, pihak DPRD meninjau ke lokasi. Kemudian Pemkab Kobar melalui Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah mengedepankan dilaksanakannya konsorsium dengan pihak perusahaan.

"Telah dilakukan audiensi bersama 3 perusahaan yakni PT Astra Gorup, SSS dan PT Taman Asri. Ini akan ditindaklanjuti saat rapat teknis, sehingga nanti penanggulangan repitalisasi ataupun normalisasi sungai bisa dilakukan dengan konsorsium tersebut," ujarnya.

Adapun hal lain terlepas dari wilayah yang dicakupi perusahaan, tentunya akan ditindaklanjuti dengan menggunakan dana APBD. Ini semua tergantung hasil rapat teknis dengan Wabup, Dinas PUPR dan pihak terkait lainnya.

Sekali lagi, tambah dia, penyebab banjir itu tidak menyalahkan satu pihak saja. Namun semua pihak harus berperan aktif, baik dari masyarakat, pemerintah dan pihak perusahaan.

Dia menilai, banjir itu dampak dari hutan yang sudah habis, penanaman sawit yang terlalu dekat dengan badan sungai dan aktifitas manusia yang membuang sampah sembarangan atau membangun bangunan di pinggir sungai. Sehingga, terjadi penyempitan dan pendangkalan.

"Jadi ketika curah hujan tinggi maka sungai meluap karena mengalami pendangkalan. Mari kita menjaga tingkah laku kita dalam mengelola lingkungan supaya tidak berdampak hal-hal yang seperti ini (banjir)," pungkasnya. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru