Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tim PKRS RSUD Kapuas Berikan Penyuluhan Tentang Virus Corona

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 05 Maret 2020 - 15:26 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Tim Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) RSUD dr Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas memberikan penyuluhan tentang virus corona (covid-19), bertempat di ruang tunggu poliklinik rawat jalan, Kamis, 5 Maret 2020.

Penyuluhan atau Promosi Kesehatan Rumah Sakit dilakukan oleh dr Erny Indrawati, bersama tim rumah sakit menjelaskan Covid-19 adalah jenis baru corona virus yang belum pernah diidentifikasi sebelumnya pada manusia.

"Corona virus merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan," ucap Erny dalam penyuluhan.

Ia menyebutkan untuk manusia menyebabkan penyakit mulai dari flu biasa hingga penyakit yang serius seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Sindrom Pernafasan Akut Berat/ Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

"Gejala umum Covid-19 yaitu berupa demam lebih dari 3XpC, batuk, pilek, nyeri tenggorokan dan sesak nafas," tuturnya.

Jika ada orang dengan gejala tersebut, lanjut dia pernah melakukan perjalanan ke China (terutama Wuhan), atau pernah merawat / kontak dengan penderita Covid-19, maka terhadap orang tersebut akan dilakukan pemeriksaan laboratorium lebih lanjut untuk memastikan diagnosisnya.

"Seperti penyakit pernafasan lainnya, infeksi Covid-19 dapat menyebabkan gejala ringan termasuk pilek, sakit tenggorokan, batuk, dan demam," jelasnya.

Beberapa orang mungkin akan menderita sakit parah, seperti disertai Pneumonia atau kesulitan bernafas.

Walau fatalitas penyakit ini masih jarang, namun bagi orang lanjut usia, dan orang-orang dengan kondisi medis yang sudah ada sebelumnya (seperti, kencing manis, dan penyakit jantung), mereka biasanya lebih rentan untuk menjadi sakit parah.

"Sampai saat ini, belum diketahui bagaimana manusia bisa terinfeksi virus ini. Para ahli masih sedang melakukan penyelidikan untuk menentukan sumber virus, jenis paparan, cara penularan, dan pola klinis serta perjalanan penyakit," ucapnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru