DPRD Seruyan Dorong Pemerintah Bantu Kapal Nelayan

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 05 Maret 2020 - 18:11 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang Nelayan asal Kabupaten Seruyan saat ini masih kalah bersaing dengan nelayan asal luar daerah yang banyak melakukan aktivitas penangkapan ikan di perairan Sukamara.

Terbatasnya sarana dan prasarana yang dimiliki menjadi salah satu kendala, seperti kemampuan perahu yang dimiliki, masih tidak sebanding, dengan kapal yang dimiliki nelayan luar daerah.

Kendala yang dihadapi para nelayan asal  Seruyan ini mendorong DPRD meminta agar pemerintah daerah bisa memberikan bantuan kapal bertonase lebih besar untuk para nelayan.

Ketua DPRD Seruyan, Zuli Eko Prasetyo mengatakan bantuan kapal nelayan yang lebih besar ini, dimaksudkan untuk membantu para nelayan melakukan aktivitas perikanan di laut dengan jangkauan yang lebih jauh.

Menurutnya, selama ini para nelayan lokal hanya dapat melakukan aktivitas menangkap ikan tidak terlalu jauh dari bibir pantai, karena memang hanya menggunakan perahu ukuran kecil.

"Nelayan kita hanya menggunakan perahu kecil, sehingga hasil tangkapan yang di peroleh juga tidak begitu maksimal," katanya, Kamis, 5 Maret 2020.

Dengan adanya bantuan perahu yang memadai dipastikan pendapatan para nelayan, juga akan dapat meningkat, guna memenuhi kebutuhan sehari hari. (FAHRUL/B-6)

Berita Terbaru