Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tojo Una-Una Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sisa Hutan Kotim Menyimpan Banyak Manfaat

  • Oleh Naco
  • 05 Maret 2020 - 18:45 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Rinie A Gagah  mengakui hutan di Kotim pada  khususnya yang tersisa saat ini masih menyimpan banyak segudang manfaat. 

Maka dari itu mesti dipertahankan guna  keberlangsungan hidup manusia. Meski sisa hutan ini menipis tetapi banyak masih mengandung manfaat obat-obatan jenis herbal.


Rinie menyebutkan seperti halnya penemuan obat akar  Halaban, Bajakah  dan lain sebagainya merupakan salah satu ciri khas hutan  daerah itu yang memiliki manfaat begitu luar biasa. 

"Maka dari itu selain mendukung agar sisa hutan yang tersisa ini dipertahankan, saya juga mendukung para peneiliti, akademisi dan pelajar untuk terus berinovasi menemukan obat-obatan dari alam di daerah kita," tukasnya.

Ia juga mendukung dan pemerintah kabupaten yang menfasilitasi penemuan-penemuan itu, setelah itu nantinya akan jadi alternatif bagi masyarakat untuk mendapatkan kesembuhan.


Politisi PDI Perjuangan tersebut mengakui  di hutan daerah itu menyimpan jutaan manfaat. Obat-obatan dari alam itu sejatinya sudah digunakan sejak nenek moyang warga lokal. Itu terbukti sudah digunakan sebagai obat ramuan turun temurun.  


Diketahui, kawasan hutan di Kotim semakin menipis. Secara persentase saja, sisanya hanya sekitar 25 persen. Itu pun 10 persennya berupa kawasan hutan yang tidak ada pohonnya.

Menipisnya hutan Kotim selain pembukaan lahan besar-besaran juga karena  kasus karhutla. Sehingga, banyak hutan murni ikut terbakar beberapa tahun lalu. Semestinya hutan ideal tersisa adalah 40 persen, sedangkan 60 persen itu digunakan untuk kawasan investasi baik bidang kehutanan atau perkebunan, termasuk kawasan pemukiman. (NACO/B-5)

Berita Terbaru