Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Morowali Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Palingkau Jaya Wakili Kapuas di Lomba IVA Test Tingkat Provinsi Kalteng

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 06 Maret 2020 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Desa Palingkau Jaya, Kecamatan Kapuas Murung mewakili Kabupaten Kapuas untuk mengikuti lomba Inspeksi Visual dengan Asam Asetat atau IVA Test tingkat Provinsi Kalteng. Lomba itu merupakan upaya Tim PKK Kabupaten Kapuas dalam mencegah kanker serviks.

TP PKK Kecamatan Kapuas Murung masuk tiga besar dan akan bersaing dengan Kabupaten Pulang Pisau dan Kotawaringin Timur, untuk meraih juara pertama.

Terkkait iut, penilai lomba IVA test yang diketuai oleh Yulga Suzana dari tim verifikasi Kelompok Kerja (Pokja) IV TP PKK Provinsi Kalteng, berkunjung dan melakukan penilaian di Balai Desa Palingkau Jaya, Jumat, 6 Maret 2020.

Kedatangan rombongan disambut oleh Camat Kapuas Murung Joni Susilo beserta Ketua TP PKK Kecamatan, Kepala Desa Palingkau Jaya Lambang Jaya, beserta Ketua TP PKK Desa dan jajaran.

Ketua TP PKK Desa, Yerri Selvie mengatakan bagi para wanita yang sudah menikah dan dalam usia subur, wajib mengikuti program IVA yang dilaksanakan itu.

Untuk tahun 2020 yang memeriksakan IVA meningkat menjadi 119 orang, dibandingkan tahun 2019 yang hanya 26 orang.

“Kami sangat senang dan bangga karena di desa kami, baik para kader, bidan, dan lainnya aktif berpartisipasi dalam kegiatan ini. Kami juga memiliki Duta IVA,” ucap Yerri disela kegiatan.

Sementara itu, tim penilai, Yulga Suzana menyampaikan, lomba IVA Test merupakan lomba terkait pelaksanaan test deteksi dini kanker serviks.

Lomba tersebut dilaksanakan setiap setahun sekali dalam rangka Kesatuan Keluarga Berencana (KB) dan Hari Kesatuan Gerak PKK sendiri.

"Ini merupakan bentuk apresiasi pada kader PKK yang telah bekerja keras mengimplementasikan program pokok PKK di lapangan," ucap Yulga. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru