Sistem Informasi Pemetaan & Manajemen Pemenangan Pilkada

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Camat Kapuas Murung Akan Tingkatkan Cakupan Pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 06 Maret 2020 - 16:21 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Camat Kapuas Murung, Joni Susilo mengatakan, pemerintah kecamatan secara teknis akan terus berupaya, memotivasi serta memfasilitasi setiap kegiatan yang ada di desa.

Di antaranya akan meningkatkan cakupan pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) test, guna mendeteksi dini dan mencegah penyakit kanker serviks.

"Kami tetap akan terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan baik, meningkatkan cakupan pemeriksaan yang sudah kita capai selama ini, khususnya meningkatan cakupan pemeriksaan IVA," ucap Joni, Jumat, 6 Maret 2020.

Dia berharap pada lomba IVA test tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, Desa Palingkau Jaya, Kecamatan Kapuas Murung yang mewakili Kabupaten Kapuas bisa mendapatkan juara.

"Kami menyampaikan ucapan terima kasih, dan penghargaan yang tinggi kepada Tim Penilai dari provinsi yang sudah berkenan hadir berkunjung ke Kecamatan Kapuas Murung, khususnya Desa Palingkau Jaya," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Desa Palingkau Jaya Lambang mengatakan sejak 2019 sudah mengimbau kepada semua Ketua RT dan warga desa khususnya para bapak untuk mendorong istri paling tidak setahun sekali memeriksa diri guna mencegah kanker serviks.

“Alangkah baiknya kita mencegah sebelum sakit. Untuk itu saya berterima kasih kepada camat yang sudah membantu kami dan seluruh jajaran sehingga ibu-ibu khususnya di desa kami sadar akan pentingnya pemeriksaan dini kanker serviks,” jelasnya.

Ketua TP PKK Kecamatan Kapuas Murung, Rusna Hendrayani sudah mensosialisasikan khususnya Program Kolak IVA (Kolaborasi Pelayanan KB dan IVA), bekerja sama dengan Puskesmas Palingkau dan Puskesmas Palangkau.

“Kami telah membuat kesepakatan MoU tentang deteksi dini Kanker Serviks dan Kanker Payudara dan seluruh Ketua TP PKK Desa turun langsung ke masyarakat dalam mensosialisasikannya,” pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru