Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

8 Desa di Barito Selatan Masuk Program Pamsimas II 2020

  • Oleh Uriutu
  • 08 Maret 2020 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Sebanyak delapan desa di Barito Selatan, masuk dalam Program Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat atau Pamsimas II pada tahun 2020 ini.

Delapan desa tersebut yakni Desa Tarusan, Desa Bantai Bambure, Kecamatan Dusun Utara, Dusun Parigi Desa Kalahien, Desa Dangka, Kecamatan Dusun Selatan.

Serta, Desa Kayumban dan Desa Wayun, Kecamatan Gunung Bintang Awai, dan Desa Batilap Kecamatan Dusun Hilir, dan Desa Tampijak Kecamatan Karau Kuala.

Kabid Cipta Karya DPUPR Barsel, Kusnardi NC, mengatakan, berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Cipta Karya, total dana untuk program pamsimas di Barsel sebesar Rp 1.960.000.000.

"Program ini dalam upaya meningkatkan sarana air bersih di pedesaan, termasuk sanitasi dengan membangun MCK di desa," kata Kusnardi NC kepada Borneonews, Minggu, 8 Maret 2020.

Ia membeberkan, saat ini pihaknya masih menunggu dari fasilitator untuk pelaksanaan program yang dananya berasal dari APBN tersebut.

Untuk program Pamsimas ini, lanjut dia, sudah berjalan selama tiga tahun, dan hampir 60 persen desa yang ada di daerah ini sudah mengikuti program tersebut.

Terkait dengan keberlanjutan program pamsimas ini, pihaknya juga memiliki program bagi desa yang dalam pengelolaan pamsimasnya dengan baik yakni dengan menggulirkan dana untuk memperbaiki kekurangan seperti dalam hal pemasangan sambungan rumah (SR) dan lainnya.

Menurutnya, pada tahun 2020 ini ada sebanyak empat desa yang melaksanakan kegiatan tersebut dari dana yang digulirkan itu.

Ia berharap dengan adanya program pamsimas ini, mudah-mudahan Barito Selatan bisa tercapai target akses universal air minum dan sanitasi tahun 2019.

Berita Terbaru