Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nabire Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tingkatkan Kemampuan Kerja Lulusan SMA Bisa Manfaatkan BLK

  • Oleh Naco
  • 08 Maret 2020 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Rinie A Gagah  menyebutkan untuk lulusan SMA di Kotim yang tidak melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi bisa memanfaatkan balai latihan kerja (BLK) untuk meningkatkan kemampuan kerja.

Upaya demikian harus dilakukan agar menekan angka pengangguran. Sebab, pengangguran yang tinggi  sangat rentan terkait dengan tingginya angka kriminalitas.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten sudah menyiapkan BLK, untuk meningkatkan keterampilan mereka yang siap untuk terjun ke dunia kerja. 

"Sekalipun baru lulus SMA, paling tidak mereka memiliki kemampuan dasar dalam bekerja di beberapa bidang yang disiapkan di BLK," kata Rinie, Minggu, 8 Maret 2020.


Menurut Rinie Kalau siswa lulusan SMK sudah memiliki modal dasar, karena mereka sudah ada jurusan yang fokus sejak SMK, namun untuk siswa SMA hal ini perlu mengikuti latihan, jika memang tidak lanjut ke perguruan tinggi.


BLK wadah yang tepat untuk mereka menyiapkan keahliannya agar bisa membuka lapangan pekerjaan atau memenuhi kebutuhan kerja saat ini. 

Di BLK sendiri dilakukan pelatihan montir motor, komputer, elektro, menjahit, tata boga dan jurusan lainnya. Kursus itu rutin dilakukan.

"Bahkan sudah banyak yang lulusan BLK membuka pekerjaan secara mandiri. Berdasarkan informasi saat ini BLK sangat diminati, cukup banyak orang yang ingin kursus di BLK bahkan antri sesuai daftar tunggu," tandasnya. (NACO/B-5)

Berita Terbaru