Dinas Kesehatan Seruyan terus Bina Tata Kelola Obat di Puskesmas

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 08 Maret 2020 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Dinas Kesehatan Kabupaten Seruyan terus memberikan pemahaman dan pembinaan kepada seluruh Puskesmas di wilayah setempat, terkait dalam hal penata kelolaan obat obatan.

“Kami terus melakukan pembinaan terhadap tenaga kesehatan yang ada di puskesmas, terkait dalam hal penata kelolaan obat yang ada di puskesmas,” kata Mahdiniansyah, Kadis Kesehatan Seruyan, Minggu, 8 Maret 2020.

Mahdini  menilai, terkait penata kelolaan obat,  hingga saat ini masih belum dipahami  sepenuhnya oleh tenaga kesehatan  yang ada di  puskesmas, sehingga perlu perbaikan melalui berbagai pembinaan.

Mahdini mencontohkan,  stok obat yang duluan  datang belum habis, begitu ada stok baru yang datang itulah yang dipakai. Sehingga stok lama jadi tak terpakai dan akhirnya expired atau kadaluarsa.

“Kami terus berupaya melakukan pembinaan, sehingga kedepan seluruh tenaga kesehatan di puskesmas memahami bagaimana tata kelola obat obatan,” jelasnya.

Sedangkan terkait persedian stok obat-obatan,  diseluruh fasilitas kesehatan di Kabupaten Seruyan, hingga saat ini masih tetap mencukupi kebutuhan dalam tiap tahunnya.

“Stok obat  di seluruh fasilitas kesehatan se Kabupaten Seruyan, terus kita jaga jangan sampai  ada kekosongan, sehingga tidak ada masyarakat yang terkendala masalah obat ketika berobat di pelayanan kesehatan,” ujarnya. (FAHRUL/B-5)

Berita Terbaru