Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sumatera Barat Enggan Akui Kalista Iskandar, Frederika Cull Marah

  • Oleh Teras.id
  • 09 Maret 2020 - 10:00 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Puteri Indonesia 2019, Frederika Cull  mengungkapkan kemarahannya kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang tidak mau mengakui Kalista Iskandar sebagai perwakilan provinsi itu. Keengganan mengakui Kalista mewakili provinsi itu dilakukan pasca insiden keliru menghafal Pancasila pada babak enam besar Pemilihan Puteri Indonesia 2020, Jumat, 6 Maret 2020. 

Frederika pun meluapkan kemarahannya di akun Instagramnya pada Ahad, 8 Maret 2020. "Mereka bertugas melindungi dan membantu rakyat mereka, bukan menjatuhkan seorang gadis karena kesalahannya," tulis perempuan bernama panjang Frederika Alexis Cull ini. 

Puteri Indonesia 2019, Frederika Alexis Cull bersama 39 orang finalis Puteri Indonesia 2020 dari seluruh provinsi, berfoto bersama seusai melakukan kunjungan, di gedung KPK, Jakarta, Rabu, 3 Maret 2020. Ke-39 finalis Putri Indonesia ini, mendapatkan pembekalan tentang pemberantasan dan pencegahan korupsi dari KPK, selain itu mereka juga menjalani serangkaian kegiatan pelatihan beauty class, koreografi, pembekalan etika berbusana dan table manner, pembekalan motivasi dari Badan Narkotika Nasional. TEMPO/Imam Sukamto

Kesalahan membacakan lima sila Pancasila ini terjadi saat Ketua MPR RI Bambang Soesatyo tiba-tiba menantang Kalista untuk menyebutkannya. Dalam waktu 30 detik dan disorot kamera, Kalista tak berhasil menyelesaikan tantangan itu mulai sila ke-4. Kesalahan itu menjadi viral. 

Tak lama setelah kejadian itu, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengaku tidak dilibatkan dalam proses seleksi Pemilihan Puteri Indonesia 2020 di tingkat daerah. Mereka mengaku tidak mengetahui proses seleksinya. 

Frederika menjelaskan, Kalista keliru melafalkan sila ke-4 dan 5 karena gugup. "Dan pertanyaan untuk dia itu bukan tipe yang diajukan saat pemilihan puteri makanya itu mengejutkan bagi dia," ujar gadis yang berhasil menembus 10 Besar Miss Universe 2019 pada akhir tahun lalu itu. 

Menurut Frederika yang menyertakan foto potongan-potongan berita yang menyebutkan penolakan pemerintah daerah itu, Kalista sudah merepresentasikan Provinsi Sumatera Barat dengan sangat bagus. "Buat mereka yang sudah mengumumkan (penolakan itu) sungguh mengecewakan," ucapya. 

Finalis enam besar Puteri Indonesia 2020, Kalista Iskandar. Instagram

Berita Terbaru