Ribuan Pelajar di Kotim Ikuti Seleksi Paskibraka

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 09 Maret 2020 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ribuan di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) yang berasal dari berbagai sekolah mengikuti seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). 

"Total keseluruhan pelajar yang ikut seleksi Paskibraka di Kotim mencapai 1.200 orang," ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kotim Nazmi Fuadi, Senin, 9 Maret 2020. 

Dari 12.00 orang tersebut, ada 185 pelajar yang mengikuti seleksi pada hari pertama. Mereka merupakan peserta yang berasal dari sekolah luar Kota Sampit. Sedangkan, yang berasal dari dalam kota, nanti juga akan diseleksi pada tahap berikutnya. 

"Hari ini kami melakukan seleksi tahap pertama, khusus pelajar yang berasal dari sekolah luar Kota Sampit," kata Nazmi. 

Seleksi tersebut melibatkan pihak kesehatan, TNI, dan juga Polri. Para peserta akan di tes kesehatannya lebih dulu. Begitu juga dengan fisik dan kedisiplinannya. 

"Yang lebih utama yakni fisik, kemampuan, dan juga kerelaannya menjadi seorang Paskibraka. Bukan tanpa paksaan pihak sekolah maupun orangtua," terang Nazmi.

Jumlah pelajar yang mengikuti seleksi tahun ini meningkat dibandingkan 2019. Sebab, pada tahun sebelumnya hanya sekitar 1.000 orang. (MUHAMMAD HAMIM/B-7)

Berita Terbaru