Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PUPR Sukamara: Desa Diharapkan Berperan dalam Pendataan Lahan yang Masuk Kawasan Hutan Produksi

  • Oleh Norhasanah
  • 09 Maret 2020 - 19:06 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Plt Dinas PUPR-Perkim Sukamara, Agus Mulyanto berharap agar desa bisa berperan aktif dalam pendataan tanah masyarakat dalam kawasan Hutan Produksi atau HP.

"Sebelumnya kita sudah pernah mengumpulkan desa untuk melakukan pertemuan, kades pun sudah diajari dalam menggunakan aplikasi untuk menentukan titik-titik koordinat untuk membaca status tanah," katanya, Senin, 9 Maret 2020.

Menurut Agus, setelah pertemuan dilakukan, hingga kembakinya digelar rapat koordinasi belum ada desa yang mengumpulkan data terkait lahan masyarakat.

"Karena tidak ada yang mengumpul, akhirnya kami inisiatif  turun kelapangan, karena tenaga kita kurang sehingga yang kita peroleh masih sedikit," ujarnya.

"Kami berharap desa bisa berperan aktif dalam mendata lahan warga, sehingga bisa diketahui kawasan mana saja diwilayahnya yang masuk HP ini," harapnya 

Agus mebuturkan bahwa desa di Kabupaten Sukamara sebagian besar masih masuk dalam kawasan hutan produksi, sehingga melalui program TORA masyarakat bisa merubah status tanahnya.

"Oleh karena itu, kita manfaatkan program dari Kementerian LHK untuk merubah status kawasan dari HP menjadi Areal Penggunaan Lain atau APL," tukasnya. (NORHASANAH/B-6)

Berita Terbaru